May 15, 2013

I Slank U, baumu bikin perut lapar

Industri rekaman di Indonesia sedang berada dipuncak kejayaannya tetapi tidak dalam penjualan albumnya. Walaupun banyak penyanyi atau grup band bermunculan tidak serta merta membangkitkan gairah konsumen untuk membeli album mereka. Konsumen sekarang lebih memilih mp3 illegal (bajakan) atau download di situs-situs internet yang banyak bertebaran di dunia maya.

Banyak cara dilakukan oleh penyanyi untuk tetap bisa menjual karyanya, mulai dari mnejual via internet melalui situs-situs dowbload resmi yang legal sampe “menitipkan” di mini market atau ke restoran fast food. Demikian pula dengan Slank, album mereka yang terakhir dijual melalui KFC.

Jujur, gw pribadi melihat metode penjualan di mini market atau fast food tidak begitu suka. Tidak seperti kita membeli di toko kaset. Kita bisa melihat-lihat CD/kaset artis-artis lain. Ada rasa puas tersendiri jika kita membeli CD/kaset di toko kaset dari pada membeli CD/kaset di mini market, fast food restoran atau toko lain selain toko kaset.

Kembali ke Slank, sebagai band besar yang mempunyai penggemar sampe ke pelosok daerah terpencil mulai menjual labum mereka terakhir ke salah satu resoran capat saji (KFC). Bagi kita yang tinggal di perkotaan tentunya sangat mudah untuk mendapatkannya, tetapi tidak bagi slankers daerah yang jauh dari KCF. 






Dulu, di tempat gw ada toko kaset, kecil sih tidak besar hanya toko biasa. Disamping menjual kaset, toko tersebut menjual spare part elektronik. Tapi jangan salah, kaset yang dijual semuanya original alias asli. Setiap mendengar Slank mengeluarkan album baru, hamper setiap hari dating ke toko tersebut hanya untuk menanyakan album baru Slank sudah ada atau belum. Maklum di daerah kalau distribusi album baru agak lama. Tapi itu tidak masalah selama album yang didapat itu asli atau original.

Ada satu cerita, pernah suatu kali iseng-iseng membuat Kuis berhadiah CD Slank di Facebook. CD Slank tersebut adalah bonus CD mini album I Slank U yaitu CD Anthem For The Broken Hearted (AFTBH)yang hanya bisa didapat di KFC. Kenapa tidak sekalian mini albumnya yang untuk hadiah? Hehe..karena gw juga belum punya. :) Sedangkan album AFTBH itu dihadiahkan karena memang sebelumnya sudah punya.

Waktu itu pemenangnya adalah seorang slanker yang berasal dari daerah yang jauh dari KFC, untuk pengiriman hadiahnya saja ada tambahan charge karena wilayahnya di luar jangkauan Tiki. :)  Wah tentunya senang sekali bisa mendapaat album itu. Malahan slanker tersebut menginginkan hadiah mini album I Slank U.

Cerita belum berakhir sampe disitu. Setelah hadiah diterima, slanker tersebut sering bertanya tentang cara mendapat mini album I Slank U dan berita-berita tentang Slank. Bahkan banyak slanker disana yang kepingin mempunyai album tersebut. Singkat kata dengan baik hati gw menawarkan diri untuk membantu membelikan mini album I Slank U dengan cara biaya ditransfer ke rekening bank. Pertama sempat tidak percaya, tetapi setelah gw yakinkan kalau gw tidak bermaksud menipu akhirnya transaksi terjadi. Slanker di sana hanya memesan 3 buah. It’s ok yang penting bisa mendengarkan album baru Slank.



Dari cerita tersebut bisa dibayangkan jika masih banyak slanker yang susah sekali untuk mendapatkan dan mendengarkan album baru dari Slank, satu-satunya jalan adalah dengan membeli bajakan atau mendownload dari internet secara illegal. Jujur kalau untuk membeli secara legal dari internet tidak bisa memegang fisik album tersebut sangat kurang puas apalagi jika nantinya album tersebut dijadikan sebagai koleksi untuk kenang-kenangan anak cucu nanti. Ealah…merasa udah tua :p

Pertanyaannya akankah Slank akan kembali menjual album baru mereka via KFC atau kembali ke toko kaset?

2 comments:

WONG CILIK said...

bro klo gue pesen sama loe cd slank bs gak soalnya koleksi gue ada yang kurang nih...??

Shies said...

CD apa yg belum punya?