March 29, 2013

SLANK sang inspirator

Slank adalah sebuah grup musik populer di Indonesia. Dibentuk oleh Bimbim pada 26 Desember 1983 karena bosan bermain musik menjadi cover band dan punya keinginan yang kuat untuk mencipta lagu sendiri. Dan berhasil menjadi salah satu musisi bersejarah dan dikenang serta berpengaruh sepanjang masa di Indonesia. Sumber : wikipedia


Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, siapa yang tidak kenal Slank. Semua orang yang pernah hidup di Indonesia pasti kenal Slank. Lagu-lagu Slank yang syarat dengan kritik, kebebasan, inspirasi, pemberontakan, sikap, serta cinta pada lingkungan hidup, sedikit banyak telah memberikan perubahan pada anak muda sekarang, termasuk diriku ini. :)

Semenjak mengenal mereka dari tahun pertama kemunculan album Slank -jujur- tidak ada band yang mampu menyedot ratusan bahkan ribuan anak muda untuk menjadi penggemar fanatiknya. Dari mulai lagu, gaya hidup personilnya, semua di tiru oleh slankers (julukan penggemar Slank). Termasuk mengkonsumsi barang terlarang.

Terlepas dari penggunaan barang haram itu, Slank mampu menggugah orang untuk berbuat lebih baik bagi bangsa Indonesia. Seperti pada lagu Seperti Para Koruptor , disini Slank jelas-jelas mengajak semua orang untuk memberantas segala bentuk korupsi. Alami, Lembah Baliem dan Nggak Perawan Lagi adalah contoh lagu-lagu yang menggugah kita akan kecintaan kepada alam.

Slengean, Apa Adanya, Tapi Punya Sikap

Itulah Slank, dari penampilanya yang slengean bahkan terkesan urakan, Slank ternyata mempunyai sikap yaitu ingin memajukan Indonesia yang lebih baik, bebas dari korupsi, bebas dari segala birokrasi-birokrasi yang selama ini membelit rakyat kecil (seperti pada lagu Birokrasi Kompleks).

Inilah yang selama ini menjadi inspirator bagi diriku dan slankers. Kita harus punya sikap terhadap diri kita, masyarakat dan lingkungan. Sikap yang positif, sikap yang membangun, sikap yang menjunjung tinggi nasionalisme.

Apa yang telah diberikan Slank lewat karya-karyanya sedikit banyak telah membuka pikiran sebagian orang bahwa korupsi, narkoba, perusakan alam, adalah sesuatu yang dapat merusak tatanan kehidupan bangsa. Maka dari itu, dari mulai diri kita sendiri untuk mulai menata kehidupan yang lebih positif untuk Indonesia yang bebas dari korupsi, narkoba, perusakan alam.

-Piss-
http://shies4piss.blogdetik.com/2010/02/12/slank-sang-inspirator/

No comments: